Tips Mengobati Luka Bakar Ringan


     Menderita luka bakar memang mengganggu aktifitas kita, karena kita menjadi tidak bebas bergerak dalam menjalankan aktifitas sehari – hari, ditambah adanya rasa sakit , ngilu dan kaku yang ditimbulkan oleh luka bakar tersebut.  Apalagi bekas luka bakar yang sangat mengganggu dan kadang kadang menjadi bekas luka yang permanen, dan bisa membuat kita menjadi kurang PD akibat adanya bekas luka bakar. 

Bagi anda yang sedang menderita luka bakar, luka tersiram air panas atupun luka – luka lainnya yang ingin anda sembuhkan, kami punya solusinya untuk anda. 

1. Menggunakan lidah buaya Apakah dihalaman rumah Anda terdapat tanaman lidah buaya? Nah, tanaman lidah buaya ini termasuk kedalam salah satu tanaman obatobatan yang bermanfaat untuk mendinginkan kulit serta membantu mengatasi berbagai macam masalah kulit yang salah satunya adalah luka bakar terkena panas. Untuk penggunaannya sendiri Anda bisa langsung mengoleskan cairan yang ada dalam lidah buaya pada kulit yang mengalami luka bakar. Cara ini cukup efektif karena cairan lidah buaya memiliki pH yang hampir sama dengan kulit Anda.

 2. Kompres dengan menggunakan teh celup Bila pada saat Anda memasak terkena wajan panas atau tanpa sengaja kaki Anda menyentuh knalpot panas, maka Anda juga bisa mengobati luka bakar tersebut dengan memanfaatkan teh celup. Caranya adalah masukkan teh celup kedalam segelas air panas kemudian dinginkan kantong teh celup tersebut. Kompres kulit yang mengalami luka bakar dengan kantong teh celup tadi untuk mendinginkan sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

3. Menggunakan kentang mentah Cara mengobati luka bakar ringan selanjutnya bisa dengan memanfaatkan kentang mentah. Secara alami, kentang mentah mempunyai sifat anti­inflamasi dan juga mendinginkan kulit. Oleh karena itu, luka bakar bisa diatasi dengan kentang mentah. Bagaimana caranya? Cukup dengan mengiris tipis kentang mentah kemudian tempelkan pada kulit yang terluka. Bila memungkinkan Anda juga bisa menekan kentang tersebut supaya dapat lebih cepat meredakan panas.

4. Mengalirkan air ke bagian luka bakar Bila dirumah Anda tidak memiliki beberapa bahan alami yang telah disebutkan diatas, maka cara yang ke empat ini bisa juga Anda lakukan untuk menghilangkan luka bakar di kulit. Cara yang satu ini memang mudah, namun Anda akan memakan waktu yang cukup lama dan juga boros air. Mengapa demikian? Karena Anda akan mengobatinya dengan cara mengalirkan air secara terus­-menerus.


Itulah beberapa cara mengobati luka bakar . Lakukan cara di atas sebagai pertolongan pertama pada luka bakar ringan Anda. Pasti tidak sulit bagi Anda untuk mendapatkan bahan­bahan tersebut dirumah. Bila Anda sudah menggunakan cara di atas tetapi luka bakar ringan Anda belum sembuh juga dan malah semakin parah, sebaiknya Anda cepat­cepat pergi memeriksa diri ke dokter. Semoga bermanfaat!
Tag : Tips Sehat
Comments
0 Comments
0 Komentar untuk "Tips Mengobati Luka Bakar Ringan"

Back To Top